Penyakit Katup Jantung: Gejala, Penyebab dan Opsi Pengobatan

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum. Sayangnya, organ yang satu ini tidak bebas dari masalah yang mengancam, salah satunya adalah gangguan katup jantung. Jika katup jantung ini bermasalah, maka aliran darah yang mengalir melalui jantung pun akan terganggu.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait penyakit katup jantung yang perlu Anda ketahui. Tentu saja, dengan pengetahuan yang memadai, Anda bisa melakukan pencegahan dan penanganan dengan baik.

Penyakit Katup Jantung Gejala, Penyebab dan Opsi Pengobatan
Gejala Penyakit Katup Jantung
Seperti yang disinggung sebelumnya, penyakit katup jantung adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika bagian katup jantung memiliki masalah. Nantinya, aliran darah akan terhambat dan jantung tidak bisa bekerja secara optimal.

Gangguan katup jantung muncul disertai dengan beberapa gejala. Adapun beberapa gejala yang dimaksud diantaranya adalah :
• Suara mendesing yang muncul ketika dokter menggunakan stetoskop untuk mengecek detak jantung
• Sakit dan nyeri pada dada
• Perut yang cenderung membengkak
• Jantung berdetak dengan tidak teratur
• Pusing yang tidak kunjung reda
• Terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki
• Sesak napas terutama saat beraktivitas
• Dan lainnya

Beragam gejala di atas bisa menjadi dasar untuk melakukan tindakan. Dalam hal ini, semakin parah kondisi katup jantung, maka gejala yang muncul akan semakin banyak.

Penyebab Gangguan Katup Jantung
Lantas, apa yang menyebabkan gangguan katup jantung? Secara umum, penyebab pasti dari gangguan kesehatan ini tidak diketahui. Namun, para pakar mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi biang dari masalah ini.

Beberapa hal yang menjadi penyebab masalah pada katup jantung diantaranya adalah :
• Kondisi jantung yang memang mengalami masalah seperti darah tinggi, gagal jantung, adanya penumpukan pelak pada arteri utama, cedera pada jantung dan lainnya
• Demam rematik yang awalnya disebabkan oleh radang tenggorokan dan tidak diobati secara langsung
• Infeksi yang terbawa ke jantung hingga akhirnya mengganggu katup jantung dan menyebabkan masalah lanjutan
• Dan lainnya

Opsi Pengobatan Gangguan Katup Jantung
Dokter yang menangani pasien dengan masalah katup jantung bisa memilih beberapa opsi pengobatan yang tepat. Perbaikan pada katup jantung menjadi solusi pertama yang kerap dilakukan. Dalam hal ini, dokter akan melakukan beberapa tindakan seperti memasukkan cincin untuk mempersempit katup jantung yang melebar.

Selain itu, pengobatan katup jantung juga bisa dilakukan dengan mengganti katup jantung. Opsi pengobatan ini dilakukan terutama jika kondisi katup jantung sudah terlampau rusak parah dan tidak bisa digunakan lagi.

Tentu, beragam pengobatan yang dilakukan oleh dokter akan didahului dengan serangkaian tes untuk memastikan kondisi pasien. Anda bisa membaca ragam artikel kesehatan lainnya untuk mengetahui beragam hal penting tentang gangguan katup jantung untuk memudahkan pencegahan.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.