Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Minggu, 10 April 2022: 23 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu (10/4/2022) besok. Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. Melalui laman resminya, memprediksi 23 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara 3 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di perairan timur Filipina. Kondisi ini terjadi dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1004 mb.

Pergerakan sistem ini cenderung persisten dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori tinggi. Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin yang lebih dari 25 kt (low level jet) di Samudra Pasifik timur Filipina hingga pesisir timur Filipina. Bibit Siklon Tropis 96W terpantau di Laut Cina Selatan utara Kalimantan dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb.

Sistem ini bergerak ke arah timur dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori rendah. Sistem ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang Laut Cina Selatan utara Kalimantan. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Aceh Sumatera Barat Riau

Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung

Lampung Banten Jawa Barat

Jawa Tengah Yogyakarta Jawa Timur

Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara

Kalimantan Timur Gorontalo Sulawesi Tengah

Sulawesi Barat Maluku Utara Maluku

Papua Barat Papua DKI Jakarta

Nusa Tenggara Barat Kalimantan Selatan Pembaruan informasi ini disampaikan pada Sabtu (9/4/2022) oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.