FOTO-FOTO Hari Terakhir Ridwan Kamil di Swiss: Sematkan Papan Nama Eril di Pohon, Hanyutkan Bunga

Di tengah upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, Ridwan Kamil dan keluarga memutuskan pulang ke Indonesia. Ridwan Kamil bersama Atalia Praratya dan Camillia Laetitia Azzahra bertolak dari Swiss menuju Indonesia pada Kamis (2/6/2022). Ia tiba di Indonesia pada Jumat (3/6/2022).

Berdasarkan pantauan Kompas.com , Ridwan Kamil dan keluarga tiba di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat petang sekitar pukul 18.37 WIB. Sebelum bertolak ke Indonesia, Ridwan Kamil menyempatkan diri memimpin salat gaib untuk Eril di tepi Sungai Aare. Dalam foto yang diterima Kompas.com dari pihak keluarga, terlihat sejumlah pihak ikut salat gaib.

Tampak Ridwan Kamil mengenakan syal biru, peci hitam, jas krem, dan celana hitam. Selain menggelar salat gaib, Ridwan Kamil, Atalia, dan Zara menghanyutkan bunga mawar merah muda di Sungai Aare sebagai tanda mengikhlaskan kepergian Eril. Sebagai informasi, status Eril yang sebelumnya missing person (orang hilang), kini berganti menjadi drowned person (orang tenggelam).

Pergantian status ini kemudian diikuti dengan pernyataan pihak keluarga yang meyakini Eril telah meninggal. "Oleh karena itu, Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) sudah wafat, berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," ujar kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, dalam konferensi pers, Jumat (3/6/2022), dikutip dari Kompas.com. Kendati demikian, proses pencarian Eril akan terus dilakukan.

Kepala Biro Adpim Jabar, Wahyu Mijaya, mengungkapkan kepolisian Swiss menerjunkan anjing pelacak untuk melacak keberadaan Eril. "Proses pencarian masih dilakukan, pihak keluarga ada yang datang ke Swiss untuk memastikan kelanjutan proses pencarian." "Jadi tidak karena pernyataan bahwa keyakinan keluarga sudah wafat, tapi proses pencarian tetap dilanjutkan," jelas Wahyu di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Jumat (3/6/2022), mengutip .

"Kemarin bagaimana melihat kondisi arusnya, jadi untuk sekarang ini mulai dengan digunakan anjing pelacak." "Karena memang sudah lebih dari tujuhhari, anjing pelacak untuk pencairannya," pungkasnya. Setibanya Ridwan Kamil dan keluarga di Indonesia, Kepala Biro Adpim Jabar, Wahyu Mijaya, menyampaikan pesan dari sang gubernur.

Wahyu mengatakan pihak Ridwan Kamil meminta waktu privasi. Mengutip , keluarga nantinya akan menggelar pengajian untuk Eril. "Meminta waktunya sebentar, kemudian kondisi beliau serta keluarga pun sehat."

"Nantinya juga akan menggelar pengajian," katanya, Jumat (3/6/2022). Dikutip dari Kompas.com , rencananya pengajian akan digelar secara internal pda 4 5 Juni 2022. Ridwan Kamil akan beraktivitas normal mulai Senin (6/6/2022).

Karena itu, Wahyu meminta media dan masyarakat umum agar bisa memberi ruang bagi keluarga Ridwan Kamil untuk berkumpul bersama keluarga. "Kami mohon pengertian dari rekan media dan juga masyarakat secara umum untuk memberikan waktu kepada Pak Gubernur sehingga sampai pada waktunya beliau akan menyampaikan pernyataan langsung oleh Pak Gubernur," pungkasnya. Beredar video sosok yang diduga Ridwan Kamil dan keluarganya tiba di Bandara Hamid, Doha, Qatar.

Momen kedatangan sosok yang diduga Ridwan Kamil itu terekam netizen dan viral di media sosial. Adalah netizen dengan akun Twitter @rinonft_eth yang mengunggah video berdurasi 11 detik itu. Video tersebut di retweet oleh akun Twitter Sobat Ridwan Kamil.

Dalam video itu, sosok yang diduga Ridwan Kamil memakai long coat berwarna putih, topi berwarna putih, celana panjang hitam, serta sepatu putih dan masker Ia juga terlihat membawa koper berawarna cokelat. Di dalam video itu, terlihat sosok itu berjalan dengan menunduk.

Sementara di belakangnya, tampak seorang perempuan dengan anaknya yang berjalan mengikutinya, tapi dalam jarak yang cukup jauh. Selain itu, di dalam video tersebut juga tertulis bahwa perekam pada saat yang bersamaan sedang melihat berita terkait Eril dan justru melihat Ridwan Kamil dan keluarga di depan mata. “Ya Allah lagi ngobrolin sama lagi liat berita taunya ada depan mata. Ikuttt sedihh pa hati saya,” tulis @rinonft_eth

Hingga berita ini diturunkan, video tersebut telah ditonton 41,7 ribu kali dan disukai oleh 2.130 pengguna Twitter. Beragam komentar pun disampaikan netizen atas video itu. “Nunduk, langkahnya berat, pergi berempat lalu pulang bertiga. sakit. bgtt. semoga keluarga pak RK dan bu cinta diberi ketabahan,” kata @aldesosor.

“Jalannya gontai tatapannya kosong.. duka seorang ayah,” tulis @ikhwan_AP. “Sedihnya pak Ridwan Kamil dan keluarga kerasa sampe sini,” tutur @magicommm.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.