Dortmund Seperti Toko Paling Untung di Bursa Transfer Laris Manis Meski Mereka Beli Murah Jual Mahal

Di antara klub klub top Eropa, Borussia Dortmund bisa dibilang sebagai klub paling sukses dalam jual beli pemain. Keberadaannya di bursa transfer itu seperti toko spesial yang menyediakan pemain terbaik. Mereka biasanya membeli pemain pemain itu dari harga murah, kemudian dijual dengan harga yang mahal.

Tapi karena pemain itu menunjukkan kemampuannya yang hebat di lapangan, harga mahal pun tidak mengapa, banyak klub lain yang meminatinya. Borussia Dortmund ibarat toko terbaik di dunia sepakbola. Banyak pemain telah menikmati peningkatan yang menakjubkan saat berada di klub Jerman tersebut.

Berikut daftar beberapa pemain yang pernah bermain di Dortmund dan dibeli dengan harga murah, lalu dijual dengan harga mahal yang dikutip dari Marca: Erling Haaland akan mengakhiri waktunya di Borussia Dortmund musim panas ini dengan menyelesaikan kepindahannya ke Manchester City. Pemain berusia 21 tahun itu menjadi yang terbaru dalam daftar panjang pemain yang bintangnya telah naik ke ketinggian yang luar biasa selama waktu mereka di klub Jerman.

Haaland datang ke Dortmund dengan harga sekitar 20 juta euro. Haaland akan menyelesaikan kepindahan 60 juta euro ke Stadion Etihad, yang kurang dari klausul rilis yang dimasukkan Mino Raiola ke dalam kontraknya. Pemain asal Norwegia itu tiba di Dortmund dengan harga 20 juta euro dari Red Bull Salzburg pada Januari 2020.

Robert Lewandowski bergabung dengan Dortmund pada 2010 setelah klub Jerman itu membayar Lech Poznan 4,7 juta euro. Striker Polandia menikmati kebangkitan yang menakjubkan di Signal Iduna Park sebelum pindah ke Bayern Muenchen dengan status bebas transfer pada musim panas 2014. Bisnis luar biasa lainnya dari Borussia Dortmund datang pada musim panas 2016, ketika klub Jerman merekrut Ousmane Dembele dari Rennes seharga 35 juta euro.

Dua belas bulan kemudian, Barcelona mengajukan tawaran 140 juta euro untuk pemain sayap itu, yang kemudian menyelesaikan kepindahannya ke Camp Nou. Pierre Emerick Aubameyang direkrut Dortmund pada musim panas 2013 dalam kesepakatan senilai 13 juta euro dari Saint Etienne. Lima tahun kemudian, setelah membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di Eropa, Aubameyang bergabung dengan Arsenal seharga 63 juta euro.

Alexander Isak bermain untuk AIK di Swedia ketika Dortmund membayar 8 juta euro untuk mengontraknya pada 2017. Dua tahun kemudian, Real Sociedad menawarkan 15 juta euro untuk jasa sang striker, dan dia segera pindah ke Basque Country. Jadon Sancho meninggalkan akademi Manchester City pada 2017 untuk bergabung dengan Dortmund dalam kesepakatan senilai 8 juta euro.

Pemain sayap Inggris bersinar selama waktunya di Jerman, dan dia menandatangani kontrak dengan Manchester United pada musim panas 2021 seharga 85 juta euro. Pada tahun 2011, Dortmund menyelesaikan penandatanganan gelandang tengah Ilkay Gundogan dari Nuremberg seharga 5 juta euro. Gundogan adalah bagian penting dari tim yang mencapai final Liga Champions pada 2013, dan dia menandatangani kontrak dengan Manchester City dengan harga 27 juta euro pada 2016.

Christian Pulisic tiba di Borussia Dortmund pada 2015 sebagai penyerang yang awalnya dia hampir tidak dikenal di sepak bola Eropa. Kebangkitan pemain Amerika itu luar biasa, dan empat tahun kemudian ia bergabung dengan Chelsea dalam kesepakatan senilai 64 juta euro. Karier Mats Hummels terdiri dari dia pindah antara Bayern Muenchen dan Dortmund.

Bek tengah itu bergabung dengan Dortmund dari akademi Bayern pada 2009 seharga 4 juta euro, sebelum kembali ke Munich pada 2016 dengan 35 juta euro. Pada 2019, Hummels kembali ke Dortmund dalam kesepakatan senilai 30 juta euro, di mana ia masih bermain. Henrikh Mkhitaryan menandatangani kontrak dengan Dortmund pada 2013 setelah klub Jerman itu membayar 27 juta euro untuk jasanya.

Tiga tahun kemudian, Manchester United menyelesaikan kesepakatan untuk menandatangani playmaker untuk 42 juta Euro, tapi Armenia tidak menikmati tingkat keberhasilan yang sama di Old Trafford. Mario Gotze memulai karirnya di akademi Dortmund dan membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia sepakbola sebelum bergabung dengan Bayern pada 2013. Kesepakatan itu bernilai 37 juta euro, dan puncak karirnya datang setahun kemudian, saat ia mencetak gol kemenangan untuk Jerman di final Piala Dunia 2014 melawan Argentina.

Nuri Sahin muncul sebagai pemain muda yang luar biasa selama di Dortmund, melalui akademi klub. Pada musim panas 2011, Real Madrid mengontraknya seharga 10 juta euro, tetapi cedera membuatnya tidak dapat bersinar di Estadio Santiago Bernabeu.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.