Anggota G7 Sepakat Stop Gunakan Batu Bara

Menteri Lingkungan Jerman Steffi Lemke mengatakan negara negara Group of Seven (G7) sepakat menghentikan pemakaian batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik, dan akan memperluas produksi energi terbarukan. Kesepakatan tersebut menandai komitmen G7 untuk berhenti dari pembangkit listrik tenaga batu bara, sebagai langkah untuk mengurangi dampak perubahan iklim. “Ada deklarasi dan kesepakatan yang sangat konkret untuk perluasan energi terbarukan, tetapi juga misalnya untuk menghapus batubara secara bertahap,” kata Lemke, yang dilansir dari Reuters.

Lemke menambahkan, pertemuan G7 yang diadakan selama tiga hari di Berlin, Jerman, pada minggu ini, juga mencakup penekanan kuat terhadap perlindungan hayati dan memerangi polusi plastik. Para menteri energi, iklim dan lingkungan G7, mengadakan pertemuan di Jerman, untuk membahas mengenai latar belakang kenaikan biaya energi dan kekhawatiran pasokan bahan bakar, yang dipicu oleh konflik di Ukraina. Perang di Ukraina, telah memicu banyak negara untuk berlomba mendapatkan pasokan bahan bakar non Rusia.

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi Rusia, banyak negara meningkatkan penggunaan batu bara, sehingga kekhawatiran terhadap pemanasan global, perubahan iklim dan kerusakan lingkungan meningkat. Pemberitahuan resmi terakhir mengenai pertemuan anggota G7, akan diterbitkan hari ini (27/5/2022). G7 merupakan organisasi antar pemerintah yang terdiri negara dengan ekonomi terbesar di dunia yaitu Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.