22 Sampel Takjil di Depok Diuji, Hasilnya 6 Positif Mengandung Formalin 

Dinas Kesehatan Kota Depok menemukan takjil alias makanan berbuka puasa yang mengandung bahan berbahaya, formalin. Temuan ini didapat oleh Dinkes Kota Depok bersama Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM), saat melakukan pengawasan dan pemeriksaan sampel hidangantakjildi kawasan Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC). Dari total 22 sampeltakjilyang diuji, enam di antaranya positif mengandung bahan berbahayaformalin.

“Kami lakukan pemeriksaan pada 22 sampel. Lalu kami temukan positif formalin pada enam sampel,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati, dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Depok, Rabu (27/4/2022). Mary merinci, jenis makanan yang terbukti mengandung formalin berbahaya ini adalah tahu putih, tahu coklat, hingga mie kuning basah. Lebih lanjut menyoal temuan tersebut, Mary berujar pihaknya sudah mengedukasi para pedagang takjil atau pun jajanan agar lebih selektif memilih bahan makanan yang hendak dibeli.

Pasalnya, semua bahan makanan yang terbukti mengandung formalin ini beredar luas di beberapa pasar di Kota Depok. “Sudah kami sampaikan untuk lebih selektif dalam memilih bahan makanan,” tuturnya. “Juga tidak menggunakan bahan yang tahan lama karena mengandung bahan berbahaya,” pungkas Mary.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.